Home » Cinta » Cara mengetahui pasangan yang cocok dan tepat

Cara mengetahui pasangan yang cocok dan tepat

Cara mengetahui pasangan / jodoh yang cocok dan tepat untuk menjadi suami atau istri.

Mencari orang yang tepat untuk diajak menikah bukanlah sesuatu yang mudah. Bahkan ketika Anda merasa telah menemukannya, dalam hati terkadang timbul rasa ragu akan calon pasangan.

Bila Anda telah menemukan pasangan yang tidak terlalu boros, tidak sering membual, setia, jujur, tidak kasar, baik hati dan tidak suka melakukan hal yg melanggar hukum (judi, minum keras, dll) maka Anda sudah berada di jalur yang benar.

Namun bila merasa tetap ragu untuk menuju jenjang pernikahan, maka Anda perlu membaca Artikel ini untuk mengetahui apakah keraguan akan calon pasangan sangat beralasan dan perlu pikir ulang (membatalkan); atau malah keraguan Anda hanyalah ketakutan untuk menikah tanpa alasan yang jelas.

cara mengetahui pasangan / jodoh yang tepat

Cinta dan Kasih sayang

Sangat penting menikah dengan pasangan / jodoh yang cocok serta memiliki persamaan dengan apa yang Anda mau mengenai cinta, romantisme dan juga hubungan sex.

  • Anda telah menemukan pasangan yang tepat bila orang tersebut mengatakan “Aku cinta kamu (I Love You)” tidak hanya dengan perkataan saja tapi juga lewat perbuatan dan tindakannya. Contohnya adalah mengetahui pasangan sedang lelah dan mengalami masalah, mengingat hari ulang tahun, mendengarkan perkataan & keluhan, bersikap sabar, tersenyum, dan senang menghabiskan waktu dengan Anda.
  • Ketahui tingkat intimasi (libido) pasangan, pastikan cocok atau setidaknya tidak terlalu jauh dengan diri Anda. Perbedaan libido yang terlalu jomplang bisa menyebabkan masalah seks dengan suami / istri setelah menikah.
  • Orang yang tepat untuk dinikahi adalah orang yang membuat Anda merasa nyaman menghabiskan waktu bersama baik dalam pembicaraan ataupun saat melakukan aktivitas.

Kebahagiaan Spiritual

Anda tahu akan menikahi orang yang tepat bila calon pasangan mendukung perkembangan karir dan intelektual. Orang yang tepat akan senang bila pasangannya bisa berkembang, mandiri dan bahagia. Ia tidak iri hati, egois, mengkritik terus-menerus, bersikap negatif, dan mempermalukan diri Anda.

Saling pengertian dan komunikasi yang lancar

Cara mengetahui pasangan / jodoh yang cocok lainnya adalah dengan mencari tau kemampuan pacar Anda dalam mengatasi kesulitan dan perbedaan yg terjadi diantara kalian berdua. Bila Ia adalah jodoh yang tepat, maka masalah dapat diatasi dengan kerjasama dan kompromi.

Namun, Anda perlu khawatir bila Ia menghadapinya dengan emosi meledak-ledak, melemparkan kesalahan, acuh tidak acuh atau berpura-pura tidak ada masalah.

Cara pasangan menangani perselisihan dan konflik menunjukkan kedewasaan psikologis yang akan membuat hubungan langgeng, awet, harmonis dan romantisCalon istri atau suami yang tepat juga bukanlah orang yang pendendam, melainkan mau memaafkan pasangannya bila berbuat salah.

Kejujuran dan saling percaya satu sama lain

Pasangan yang tepat untuk dinikahi harus jujur, menghargai privasi dan saling percaya satu sama lain. Dimana Anda ataupun dirinya tidak saling memata-matai seperti memeriksa isi handphone & SMS, memeriksa akun Facebook (jejaring sosial), ataupun membatasi pergaulan dengan teman & keluarga.

Pasangan yang membuat diri kita terkekang dan selalu membuat was-was dengan apa yg Anda lakukan setiap saat hanya supaya tidak terjadi pertengkaran dalam rumah tangga merupakan tanda-tanda bahwa Ia tidak cocok menjadi pasangan untuk dinikahi.

Menemukan masalah pada calon pasangan (suami / istri)

Setelah membaca artikel “Cara mengetahui pasangan / jodoh yang cocok & tepat” diatas dan Anda menyadari bahwa ada tanda-tanda atau masalah saat Anda berpacaran, jangan mengabaikannya dan berpura-pura bahwa hal tersebut tidaklah penting dan berfikir Anda dapat dengan mudah mengubahnya setelah pernikahan terjadi. Tapi ingat, untuk menjalin pernikahan yang langgeng dan tidak diakhiri perceraian bukanlah hanya bermodalkan cinta saja.