Home » Diet » Cara meningkatkan metabolisme tubuh dengan mudah

Cara meningkatkan metabolisme tubuh dengan mudah

Metabolisme adalah salah satu elemen penting dalam penurunan berat badan karena semakin banyak energi / kalori yang dibakar akan membuat berat badan tetap stabil dan tidak mudah naik. Keuntungan lain dari metabolisme yang tinggi adalah membuat tubuh tidak cepat lelah meskipun beraktifitas sepanjang hari.

Tapi sayangnya banyak orang memiliki metabolisme yang lambat sehingga saat mencoba menurunkan berat badan prosesnya akan sangat lambat dan membuat mereka mudah menyerah.

Banyak cara untuk meningkatkan metabolisme tubuh secara natural dan mudah tanpa harus mengkonsumsi suplemen yang harganya lumayan mahal. Berikut diantaranya:

Tips dan Trik meningkatkan metabolisme tubuh

1. Berolahraga ringan pada pagi hari. Lakukan latihan ringan yang dapat meningkatkan detak jantung secara cepat seperti berlari di tempat, melompat – lompat (jumping jacks), lunges, ataupun squat secara singkat (sekitar 5 menit). Hal ini akan lebih efektif apabila Anda berolahraga menggunakan sepeda statis atau treadmill.

cara meningkatkan metabolisme tubuh

2. Jangan meninggalkan sarapan pagi, konsumsi makanan sehat yang berprotein tinggi contohnya telur ataupun buah-buahan beroksidan tinggi seperti strawberri.

3. Minum banyak Air putih. Meminum air putih adalah salah satu “cara meningkatkan metabolisme” karena air menjadi elemen penting dalam proses metabolisme.

4. Konsumsi makanan yang pedas. Cabe rawit, lada hitam, kunyit, dan jinten dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Jadi pastikan anda mengkombinasikan bumbu-bumbu tersebut kedalam makanan yang Anda konsumsi; bahan lain yang juga berfungsi sama antara lain adalah jahe, kayu manis, kapulaga dan pala.

5. Tingkatkan massa otot dengan mengangkat beban. Latihan Angkat beban juga sangat penting sebagai salah cara meningkatkan metabolisme tubuh, tapi ini bukan berarti Anda harus membesarkan secara drastis massa otot tubuh ataupun harus rajin pergi ke Gym. Anda bisa barang-barang seperti buku, botol air atau malah menggunakan berat tubuh sendiri seperti melakukan push up, pull up dan squat.

6. Jaga kesehatan Thyroid (kelenjar gondok), hal ini dapat dapat dicapai dengan cara mengkonsumsi mineral zat besi, seng, zinc, dan yodium secara cukup. Mineral tersebut dapat diperoleh dengan mengkonsumsi seafood dan kacang.

7. Batasi makan besar saat makan malam ataupun menjelang tidur. Mayoritas orang mengkonsumsi lebih banyak makanan saat malam hari ketimbang di pagi hari, hal ini sangat buruk karena dapat memperlambat metabolisme tubuh. Jadi usahakan makan malam minimal 3 jam sebelum Anda tidur dan jangan ngemil.