Home » Kesehatan » Manfaat minum teh bagi kesehatan tubuh

Manfaat minum teh bagi kesehatan tubuh

Memang sangatlah nikmat bersantai sambil ditemani secangkir teh, karena selain sebagai teman disaat relaks sebenarnya teh juga diketahui sejak berabad-abad lalu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan yang didukung oleh penelitian modern.

Manfaat minum teh bagi kesehatan sangatlah banyak entah itu teh hijau (green tea), hitam (Black tea) atau putih semuanya memiliki zat alami dan khasiat.

Keuntungan meminum teh bagi kesehatan

manfaat minum teh

Mencegah penyakit kanker

Studi klinis menunjukkan antioksidan dalam teh membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel-sel sehat. Radikal bebas di tubuh memiliki efek negatif penyebab penyakit degeneratif kronis seperti kanker. Sebuah penelitian terhadap suatu populasi penduduk menghubungkan kebiasaan minum teh bergaris lurus dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker, dimana kedua jenis teh hijau dan hitam memiliki manfaat menghambat sel kanker.

Minum teh dapat membantu menurunkan berat badan

Teh juga membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Kedengarannya memang aneh, tapi konsumsi teh memiliki efek meningkatkan metabolisme tubuh yang sangat berguna untuk membakar lebih banyak kalori dan lemak.

Minum teh tanpa tambahan gula ataupun susu mampu meningkatkan metabolisme tubuh dengan mudah dan meningkatkan proses thermogenesis (pembakaran lemak). Dengan minum 5 – 7 cangkir teh sehari dapat membantu membakar 70 sampai 80 kalori.

Minum teh menurunkan resiko penyakit jantung

Penelitian telah membuktikkan bahwa meminum teh hitam benar-benar mampu melindungi Anda dari penyakit jantung. Teh meningkatkan aliran darah dalam arteri sehingga mengurangi risiko penggumpalan darah. Teh juga kaya anti-oksidan, yang membantu dalam mencegah penyakit jantung koroner. Disamping itu teh memiliki kandungan flavonoid, quercetin, kaempferol dan myricetin yang fungsinya menurunkan risiko serangan jantung. Minum teh juga membantu mengurangi tekanan darah dan kekakuan arteri yg pada akhirnya meningkatkan kesehatan organ jantung.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Studi yang dilakukan oleh National Academy of Sciences pada tahun 2009, para peminum teh memiliki sel kekebalan yang merespon lima kali lebih cepat dibandingkan orang yg meminum kopi. Teh hijau (Green tea) juga kaya akan anti-oksidan yang mampu meningkatkan mekanisme kekebalan tubuh dan melindungi tubuh terhadap virus, penyakit mikroba bakteri dan lainnya.

Mencegah kerusakan gigi

Meminum teh secara teratur membantu memperkuat gigi dan menurunkan risiko kerusakan gigi. Ini terjadi karena Teh mengandung fluoride, mineral penting yang diperlukan untuk kesehatan gigi. Selain itu, teh juga mengandung anti-oksidan yang melawan bakteri dan penyakit gusi.

Rehidrasi tubuh

Lupakan minuman kesehatan yang sering bermunculan di iklan TV yang mengklaim mampu merehidrasi cairan tubuh secara alami karena minuman tersebut mengandung gula buatan, zat pewarna, dan perasa yg belum tentu baik untuk tubuh. Meskipun teh mengandung kafein namun kadarnya tidak terlalu banyak dan tidak akan membuat tubuh dehidrasi.