Home » Kecantikan » Tips mengatasi bibir kering dan pecah-pecah

Tips mengatasi bibir kering dan pecah-pecah

Cara mengobati bibir kering

Bibir yang sehat, lembab dan berwarna sangat diidam-idamkan sebagian besar wanita karena dapat membuat penampilan menjadi menarik dan menambah percaya diri.

Tapi sayangnya, bibir pecah-pecah dan kering sering kali menjadi masalah bagi orang Indonesia yang harus hidup dalam iklim tropis dengan kondisi udara panas dan kering. Tapi jangan takut, berikut beberapa tips dan trik mudah, aman serta alami yg dapat kamu lakukan untuk mengobatinya.

Tips Mengatasi Bibir pecah-pecah dan kering

  • Gunakan petroleum jelly dan oleskan di bibir menggunakan jari tangan atau sikat gigi halus. Petroleum jelly memiliki sifat mengikat air, sehingga kulit di bibir tetap terlihat lembab.
  • Mengobati bibir pecah-pecah dengan Kantung teh. Caranya usapkan selama 3-5 menit di bibir. Kantung teh mengandung anti oksidan yang baik untuk merevitalisasi kulit dan selain utk bibir pecah-pecah, biasa dipakai untuk menghilangkan kantung mata.
  • Mentimun. Khasiat dan cara penggunaannya hampir sama seperti kantung teh.

mengatasi bibir kering

  • Selalu pakai dan sedia lip balm (pelembab bibir). Pilih yang memiliki kandungan vitamin A,B,E, SPF 16, zinc dan hindari pelembab yang berwarna, berasa dan mengandung zat salicylic acid / benzoyl peroxide.
  • Kurangi atau hentikan makan yang pedas seperti cabai karena dapat membuat perih saat bibir pecah-pecah.
  • Hindari mandi air panas karena dapat membuat kulit kering.
  • Minum air putih yang cukup. Kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda tergantung aktivitas, berat badan dan umur seseorang. Tapi sebagai panduan, bisa dimulai dengan minum 3-4 liter air setiap harinya.

Mengobati bibir pecah pecah dan kering perlu kesabaran dan waktu. Tapi yakinlah bila rutin melakukan tips dan trik diatas, maka bibir kamu akan menjadi lembab, sehat dan terlihat basah.