Home » Motivasi » Tips menjadi dewasa bagi pemuda dan remaja

Tips menjadi dewasa bagi pemuda dan remaja

Tips menjadi dewasa.

Banyak anak muda telat mengetahui bagaimana caranya agar cepat menjadi dewasa, sehingga banyak yang menyesal saat sudah tua, karena banyak keputusan salah diambil atau kesempatan yang terlewatkan oleh mereka.

Parahnya lagi banyak juga orang yang sudah tua tapi sikap dan kelakuannya masih seperti anak-anak dan tidak dewasa karena dalam hidup mereka tidak ada yang mengajarkannya. Oleh karena itu supaya para pembaca tidak mengalami hal tersebut dan dapat menjadi dewasa & sukses maka dapat mengikuti tips dan trik berikut.

Tips menjadi dewasa untuk anak muda & remaja

  • Berpikir rasional dan tidak menghakimi. Periksa argumen, data, bukti, dan belajar untuk membuat keputusan yang rasional. Tidak secara emosional membuat kesimpulan sebelum Anda memiliki waktu untuk mempertimbangkan apakah itu adalah sesuatu yg tepat. Ketika Anda perlu berpikir cepat atau cepat memilih tindakan, pilih pilihan yang paling mungkin memiliki manfaat terbesar bagi semua orang yang terlibat.
  • Pelajari Etika dasar. Setiap orang memiliki ide yang berbeda tentang bagaimana mereka ingin diperlakukan, tetapi ada aturan-aturan sosial tertentu yang diikuti oleh kebanyakan orang dewasa. Jadi berlatihlah etika memakai pakaian yang tepat, etika saat makan bersama, menjawab pertanyaan dengan jawaban langsung, berbicara dalam bahasa Indonesia yang sopan (bukan bahasa gaul), dan sopan terhadap orang di sekitar Anda. Buang kata-kata tidak senonoh dan vulgar dari pembendaharaan kosakata.
  • Belajar Memasak. Makanan buatan sendiri selalu lebih murah dan lebih bergizi ketimbang makanan yang anda beli di pasar, kaki lima atau restoran. Dan bila memiliki waktu ekstra serta uang lebih, lakukan percobaan dengan hidangan yang lebih sulit /kompleks yang dapat digunakan untuk mengesankan teman, keluarga, atau pasangan.

tips menjadi dewasa

  • Bersih dan Rapi. Jadikan kebersihan dan kerapihan suatu kebiasaan dan bukan suatu tugas / kewajiban. Pastikan semuanya memiliki tempat khusus di tempatnya dan tidak menumpuk banyak sampah yang tidak perlu.
  • Mengelola uang. Pekerjaan pertama Anda akan membuat kamu merasa seperti orang kaya, bahkan jika hanya mendapatkan upah minimum. Cegah dorongan untuk menghabiskan gaji sekaligus dan berfoya-foya, karena kebiasaan keuangan yang baik akan membuat hidup lebih mudah ketika Anda harus mulai membayar sewa kontrakan, kos dan membeli makanan. Buat catatan berisi jumlah gaji yang kamu terima dan pengeluaran yang terjadi dalam satu bulan, kemudian belajar untuk tidak melebihi apa yang kamu hasilkan. Bila uang tidak cukup untuk membeli apa yg diingini maka hindari untuk mengutang atau menggunakan kartu kredit.
  • Memperbaiki dan merawat barang. Belajarlah memperbaiki dan memelihara motor, mobil dan rumah yang kamu miliki. Mengetahui bagaimana untuk memperbaiki masalah dan mencegahnya rusak akan menghemat banyak waktu, kerumitan dan uang.
  • Jagalah kesehatan sejak dini. Tubuh kamu tidak sehat selama-lamanya dan hanya akan bertahan beberapa dekade saja bila kesehatan tidak dijaga. Jika ingin tetap sehat, kamu tidak bisa makan junk food, es krim, pizza dan makanan tidak sehat lainnya setiap hari. Jadi sejak masih muda dan remaja mulailah makan yang benar dan berolahraga teratur.
  • Kamu tidak benar-benar jatuh cinta. Tidak, kamu tidak benar-benar jatuh cinta (tapi tidak apa-apa). Saat masih muda, otak kamu akan penuh dengan hormon dimana kamu berpikir bahwa pasangan saat ini adalah yang paling ideal, tidak tergantikan, dan adalah segala-galanya. Jangan hanyut dengan cinta, melupakan lingkungan sekitar dan merencanakan hidup kamu dengan pasangan; karena di masa depan saat kamu menjadi dewasa dan melihat kembali hidupmu ketika muda maka kamu akan tersenyum dan tertawa bahwa betapanya kelirunya kamu saat itu.
  • Internet adalah selamanya. Segala sesuatu / semua yang pernah kamu tulis atau posting di internet dapat datang kembali dimasa depan untuk menghantui & menggigit Anda. Jangan memposting hal-hal yang kontroversial, mengirim atau menposting foto / video seksi, ataupun hal-hal bodoh lainnya. Tampilkan diri Anda di Internet seolah-olah kamu seperti di dunia nyata sehingga kamu hanya menampilkan yang terbaik.

Menjadi dewasa adalah sesuatu yang dipelajari baik dari nasihat, pengalaman, lingkungan sekitar, dll. Daftar tips diatas meskipun panjang tidaklah lengkap, jadi bukalah diri dengan pengetahuan dan perhatikan sikap orang dewasa disekitar kamu.