Home » Kesehatan » Tips menjaga fungsi hati atau liver (Detoksifikasi hati)

Tips menjaga fungsi hati atau liver (Detoksifikasi hati)

Fungsi hati (liver) bagi manusia sangatlah penting bagi kesehatan; diantaranya adalah untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh, sistesa protein, produksi zat pencernaan dan lainnya. Oleh karena itu kita harus selalu menjaga fungsi hati supaya tetap sehat, berikut tipsnya.

Tips menjaga fungsi hati agar tetap sehat

Memakan sayuran untuk detoksifikasi hati

Makan banyak sayuran hijau seperti wortel, kubis, arugula, kale, selada dan berbagai macam sayuran lainnya dapat memperbaiki kembali organ hati. Sayuran-sayuran tersebut beserta bawang merah, bawang putih dan brokoli dengan sangat dianjurkan ketika seseorang sedang melakukan detoks hati / liver. Jadi pastikan memakan setidaknya dua porsi setiap harinya.

Minum banyak air & jus lemon

Usahakan untuk meminum 7 – 9 gelas air mineral yang disaring setiap harinya yang fungsinya untuk mengeluarkan racun dari tubuh Anda. Dan bila ingin lebih efektif, awali hari Anda dengan meminum air besertips-menjaga-fungsi-hatija Jus atau air lemon. Fungsi lemon dapat membantu meningkatkan kemampuan detoksifikasi organ hati Anda, asam sitrat dalam jus lemon juga meningkatkan fungsi empedu yang memiliki tugas sama yaitu mengeluarkan racun dari tubuh.

Jangan membebani hati / liver

Jangan membuat Liver atau hati bekerja lebih keras dari semestinya dengan tidak meminum Alkohol, kopi, maupun obat-obatan yang tidak perlu seperti obat tidur, painkiller, dll. Hati Anda sudah bekerja dengan keras meski Anda minum dan makanan secara normal, jadi jangan konsumsi bahan-bahan tersebut secara terus menerus karena dapat merusak fungsi hati.

Memijat

Anda dapat meningkatkan sirkulasi darah ke liver dengan memijat secara lembut di sepanjang bagian bawah tulang sisi kanan tubuh (lokasi hati & kantung empedu) sambil berbaring.

Zat Mineral

Mineral sangat penting untuk proses detoksifikasi hati, jadi pastikan Anda memakan banyak makanan yang kaya akan mineral atau mengkonsumsi suplemen mineral yang baik. Mineral penting untuk detoksifikasi hati termasuk kalium, tembaga, seng, selenium, mangan, magnesium, kalsium, sodium, besi, dan lain-lain.

Konsumsi supplemen untuk menjaga fungsi hati

Anda bisa menkonsumsi 45 mg kunyit, 400 mg ekstrak dandelion ataupun 400 mg milk thistle setiap harinya karena dapat membantu membersihkan dan melindungi kinerja hati. Akar dandelion juga dapat dibuat menjadi teh dengan cara menaruhnya ke dalam air mendidih.