Home » Karir » Tips menulis surat lamaran kerja / CV yang baik

Tips menulis surat lamaran kerja / CV yang baik

Bagaimana cara menulis surat lamaran kerja agar bisa diterima kerja di perusahaan?

Sukses atau gagalnya seseorang diterima pekerjaan adalah tergantung dari bagusnya surat lamaran kerja yang dikirimkan ke perusahaan.

Karena tidak preduli seberapa qualified seseorang, banyaknya pengalaman kerja, ataupun gelar sarjana yang dimiliki; apabila surat lamaran pekerjaannya (resume/curriculum vitae) buruk & sulit dibaca maka akan segera dibuang ke tong sampah.

Jadi sebelum mengirimkan lamaran ke perusahaan, ada baiknya memastikan bahwa Anda sudah menyimak dahulu bagaimana cara menulis surat lamaran kerja yang baik berikut.

Cara menulis surat lamaran kerja yang baik

  • Selalu sertakan cover letter yg berisi ucapan salam, info asal darimana mendapatkan lowongan, ringkasan pengalaman kerja & pendidikan, dan juga contact yang bisa dihubungi.
  • Hindari penggunaan jargon, istilah, singkatan yang sulit dimengerti dalam menulis resume.
  • Penulisan lamaran pekerjaan (resume / curriculum vitae) menggunakan font yang mudah dibaca (arial, times new roman, helvetica) berwarna hitam dengan ukuran huruf yang bisa dibaca tanpa menggunakan kacamata.

tips membuat surat lamaran

 

  • Hindari kesalahan ejaan, nama, tanda baca dan perhatikan penggunaan huruf besar.
  • Batasi banyaknya halaman lamaran kerja sebanyak maksimal 3 lembar. HRD perusahaan yang membuka lowongan menerima banyak surat lamaran, jadi sebaiknya ringkas dengan baik pengalaman kerja, pendidikan dan juga keahlian kamu sehingga mudah dibacanya.
  • Bila Anda termasuk pekerja kutu loncat (suka keluar-masuk), sebaiknya jangan masukkan lamanya pengalaman kerja di resume bila hanya bekerja 1-4 bulan dibeberapa perusahaan dalam kurun waktu 2 tahun. Bagian HRD akan mengabaikan lamaran kerja kamu – karena mereka tidak mau repot melatih, dan merekrut orang baru ketika kamu memutuskan untuk pindah kerjaan lagi.
  • Tuliskan keberhasilan Anda di pekerjaan sebelumnya. Fokuskan pada pencapaian pribadi bila ada, contoh: membuat program software  yang membuat efektifitas kerja naik dan penghematan sampai 100 juta rupiah.
  • Jangan gunakan alamat e-mail yang bersifat kekanak-kanakan dan tidak profesional, misal: anakganteng, pinkygirl, unitedlover, dll.

Bila semua persyaratan diatas sudah terpenuhi & lengkap, maka kirimkan surat lamaran kerja sesuai persyaratan dari perusahaan (misalnya: tipe format file, besarnya file size attachment, harus dikirimkan melalui email atau pos). Semoga sukses diterima kerja.